Jumat, 26 April 2019

Jasa Kelautan Banten


1.1.1.1.         PANTAI TANJUNG PASIR

Terletak di wilayah Kecamatan Teluknaga, 50 Km dari Tigaraksa. Selain pantainya cukup landai dengan ombak yang tenang, juga memiliki panorama alam yang indah. Pasir pantai yang putih dan bersih dan tidak berlumpur terhampar. Melalui pantai ini pengunjung dapat menikmati pemandangan gugusan Pulau Seribu di laut lepas.
Pengembangan kawasan pantai seluas 75 ha yang dipadukan dengan pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Kapuk Naga. Kondisi jalan menuju ke pantai cukup bagus, dilengkapi dengan jaringan telekomunikasi dengan layanan interlokal, jaringan listrik dan prasarana air bersih. Berjarak 23,5 Km dari Kota Tangerang diikuti dengan bentangan aliran sungai irigasi mulai dari Pintu Air Tangerang di jalan Daan Mogot dari Grogol, Jakarta Barat yang membelah Kota Tangerang hingga Balaraja. Dari arah Jakarta dapat ditempuh melalui jalan tembus dari Kapuk atau lewat pasar Cengkareng, dengan kondisi jalan mulus.
Sarana dan prsarana wisata yang tersedia di Pantai Tanjung Pasir, diantaranya adalah playground di daerah pantai untuk tempat bermain anak-Anak, tempat makan/saung-saung yang menyediakan hidangan khas laut, seperti ikan bakar, udang, dan cumi-cumi yang dapat dinimati wisatawan di alam terbuka dengan berteduhkan pepohonan yang cukup besar atau di dalam ruangan rumah makan/saung juga merupakan salah satu daya tarik wisata Pantai Tanjung Pasir (Ugi, 2010).
 
Gambar 2. Pantai Tanjung Pasir, Desa Tanjungpasir, Kec. Teluknaga, Kab. Tangerang

1.1.1.2.         PANTAI TANJUNG KAIT

Pantai Tanjung Kait Terletak di Kecamatan Mauk, akan dikembangkan sebagai pusat pengembangan wisata bahari, kegiatan nelayan dan kegiatan kelautan lainnya. Letak pantai cukup strategis dengan panorama alam yang indah, jaraknya hanya 30 Km dari Tigaraksa. Pantai ini merupakan bagian dari kawasan pertumbuhan wilayah timur dengan luas pantai 150 ha. Kondisi jalan menuju pantai cukup baik, dilengkapi dengan jaringan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik serta sarana air bersih.
Gambar 3. Pantai Tanjung Kait di Kec. Mauk, Kab. Tangerang

1.1.1.3.         PULAU TUNDA

Pulau Tunda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Luas Pulau Tunda adalah sekitar 300 hektare. Selain itu pulau Tunda juga menjadi jalur migrasi lumba-lumba berasal dari Kiluan (Lampung) atau Kalimantan.

Gambar 4. Sunrise da Sunset di Pulau Tunda
Berikut spot-spot freedive dan snorkeling di Pulau Tunda :
1. Spot Karang Pandan
Spot area Barat Pulau Tunda, visibiliti kurang bagus kurang lebih 7 m, tapi jenis ikan cukup variatif. Dan masih lumayan banyak bulu babi, sea fern. Berikut penampakan terumbu karang dan biota laut lainnya di Karang Pandan
   
Gambar 5. Spot Karang Pandan
2. Spot Tanjungan Barat
Masih di area barat Pulau, visibiliti juga kurang bagus, masih sekitar 6-7m, hanya saja banyak jaring bekas pemancing yang tersangkut di terumbu karang dan tidak diangkat lagi, sungguh disayangkan.
Gambar 6. Spot Tanjungan Barat
3. Mercusuar
Spot ini lumayan, terletak 10 m dari bibir pantai dekat mercusuar. ikan badut (clown fish) ada banyak, terumbu karangnya bagus-bagus. ada juga Crown of Thorns Starfish, dimana hewan ini berbahaya kalau sampe tersentuh kulit.
Gambar 7. Mercusuar Pulau Tunda
4. Spot Cemara
Spot ini paling baik visibilitynya di bagian barat pulau. ikan dan terumbu karang sangat banyak. bahkan ada Morray Eel (Belut Morray).
Gambar 8. Spot Cemara
5. Spot Tanjungan Baja
Spot di Timur Pulau, visibility jauh lebih baik daripada spot2 di Barat pulau, bisa sampai 10m. disini banyak ditemukan clown fish, bintang laut dan terumbu karangnya juga variatif.
Gambar 9. Spot Tanjungan Baja
6. Spot Utara Pulau
Spot ini menurut ane terbaik sepulau, visibilitynya hampir 12m, ikan2nya juga variatif, kondisiny lebih baik dibandingkan spot-spot di Barat pulau.
     
Gambar 10. Terumbu Karang Spot Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar