Jumat, 26 April 2019

Jasa Kelautan Banten

1.1.1.1.         PANTAI CIPUTIH

Pantai Ciputih salah satu dari banyak pantai di Banten yang cukup menarik dan memiliki pasir pantai berwarna putih, Pantai ini lokasinya berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk bisa menikmati Pantai Ciputih ini anda bisa melakukan perjalanan melewati rute Serang – Pandeglang – Panimbang – Cibaliung – Sumur. Pantai Sambolo. Aktivitas yang bisa dilakukan tatkala berada di sini antara lain adalah berenang, selancar, menikmati kuliner di sekitar kawasan Sambolo.
Gambar 32. Pantai Ciputih, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang

1.1.1.2.         PANTAI PASIR PUTIH CIANTIR

Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna atau lebih populer disebut Pantai Ciantir saja adalah pantai berpasir putih bersih dengan bibir pantai yang cukup panjang. Pantai ini menjadi surga para peselancar. Banyak penginapan di sepanjang jalan menuju ke pantai ini yang tersedia untuk wisatawan yang mau menginap.

Gambar 33. Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak

1.1.1.3.         PANTAI TANJUNG LAYAR

Pantai Tanjung Layar, sebuah pantai dengan landmark batu karang tinggi yang berbentuk seperti layar. Pantai ini punya ombak besar khas pantai selatan Jawa. Cara paling keren mengabadikan momen di Pantai Tanjung Layar adalah dengan datang di kala senja, sunset dari pantai ini luar biasa.

Gambar 34. Pantai Tanjung Layar Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak

1.1.1.4.         PANTAI KARANG BOKOR

Di Pantai Karang Bokor ada sebuah karang besar di tengah laut yang menjadi ikon. Karang tersebut saat pasang tinggi akan dihempas oleh gelombang laut sehingga menghasilkan suara yang menggelegar. Inilah tempat yang pas jika kamu mau melihat betapa dahsyatnya ombak pantai selatan.

Gambar 35. Pantai Karang Bokor Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak

1.1.1.5.         PANTAI KARANG TARAJE

Tempat wisata Karang Taraje adalah sebuah objek wisata yang termasuk dalam wana wisata Desa Sawarna yang terletak di kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Karang Taraje memiliki kontur pantai yang berbeda dengan pantai lainnya. Di sini hampir semua sisi pantainya dipenuhi oleh batu karang berbagai ukuran. Karang di bagian sebelah kiri pantai bahkan menyerupai teras yang luas dan sedikit berundak – undak menyerupai tangga. Oleh karena itu,penduduk menamainya Karang Taraje, yang dalam bahasa Sunda Taraje berarti tangga.
Di karang tersebutlah bisa melihat ombak yang pecah menghantam karang dan kembali turun sehingga menyerupai air terjun mini. Atraksi air terjun mini itu lah yang sangat ditunggu oleh para pengunjung. Namun sayangnya tidak bisa setiap saat kita melihat atraksi tersebut. Semua tergantung kondisi cuaca pada saat itu. Waktu yang paling tepat untuk melihat atraksi ini adalah pagi hari pada saat pasang air laut dan tanggal - tanggal di pertengahan bulan.
Karena konturnya yang berkarang dan ombaknya yang besar, pengunjung jadi tidak dapat mandi di laut seperti biasa. Tetapi jangan kecewa, karena pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa memanjakan mata. Uniknya lagi, di sana banyak karang yang bolong dan diisi oleh air laut yang tersapu ombak dan membawa ikan – ikan kecil ke dalamnya. Jadi seperti melihat akuarium alami.
Gambar 36. Pantai Karang Taraje Kec. Bayah, Kab. Lebak

1.1.1.6.         PANTAI TELUK LEGON PARI

Pantai Legon Pari, Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, berjarak 1,5 km dari penginapan di Desa Sawarna.  Pantai Legon Pari berada di bagian barat Desa Sawarna dengan waktu tempuh 45 menit jika berjalan kaki. Letaknya yang berada di balik bukit membuat pengunjung yang ingin menuju Pantai Legon Pari akan merasakan tanjakan dan turunan khas perbukitan. Selain itu, pematang sawah sampai jembatan gantung merupakan pemandangan yang tersaji saat kita melewati jalan-jalan menuju pantai ini.
Pasir di pantai ini memiliki karakteristik yang lembut dan halus. Pantai Legon Pari memiliki garis pantai yang sangat lebar dan luas, garis pantainya membentang panjang hingga mencapai 4 km. Bila dilihat dari kejauhan, garis di Pantai Legon Pari melengkung. Apalagi tekstur pasirnya yang bewarna putih menambah daya pikat dan kecantikan pesona Pantai Legon Pari.
Ombak di Pantai Legon Pari termasuk dalam kategori keras dan besar namun masih relatif aman untuk dinikmati. Berbeda saat cuaca sangat baik, gulungan ombak menjadi relatif kecil bahkan cenderung tenang layaknya danau. Biasanya momen seperti ini dapat dinikmati saat musim panas di bulan Juni sampai Agustus. Nama Legon Pari merupakan asal kata dari Ngelagon atau menjorok ke darat atau teluk dalam bahasa Sunda. Sedangkan pari merupakan jenis ikan yang dahulu banyak sekali di temukan di pantai ini. Hingga pada akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Legon Pari.
Gambar 37. Pantai 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar