Jumat, 26 April 2019

Jasa Kelautan Banten


1.1.1.1.         PANTAI KELAPA TUJUH

Pantai Kelapa Tujuh, Kota Cilegon pun bisa menjadi alternatif wisata warga Banten untuk menghabiskan masa libur Lebaran 2015. Pantai Kelapa Tujuh yang letaknya tidak jauh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya dan Pelabuhan Merak, ini menawarkan keindahan dan permainan yang tidak kalah dengan Pantai Anyer dan Pantai Carita. Bahkan di area Pantai Kelapa Tujuh dari kejauhan bisa melihat kapal besar yang lalu-lalang mengangkut batu baru yang menjadi bahan bakar PLTU Suralaya.
Pantauan di Pantai Kelapa Tujuh, dari pagi hingga sore pengunjung terus berdatangan baik menggunakan mobil maupun motor dan juga bus. Sehingga kawasan pantai tersebut dipadati wisatawan, bahkan area pantai dipenuhi pengunjung baik yang bermain pasir pantai, berenang menggunakan ban bekas yang disediakan warga sekitar. Jika pengunjung ingin mengelilingi laut disekitaran Suralaya, para nelayan siap mengantarkannya dengan perahu kecil. Tim SAR juga tampak berpatroli menggunakan perahu untuk menjaga keselamatan wisatawan jika mengalami kecelakaan.
Gambar 15.  Pantai Kelapa Tujuh, Kota Cilegon

1.1.1.2.         PANTAI ANYER

Pantai Anyer adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer, terutama bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya karena dekat dan terjangkau. Berlokasi di Kabupatan Serang, Banten, Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai.
Gambar 16. Pantai Anyer Kabupaten Serang
Pantai Anyer terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan ke berbagai kawasan wisata Pantai Carita di Desa Tambang Ayam, 35 km dari Kota Serang. Pantai Carita, di kec Labuan, kab Pandeglang, Banten, di tepi jl raya Carita-Labuan. Ada jg sungai Cikembang dan Sungai Cimeti. Jg air Terjun Curug Gendang sekitar 170m dpl. Jg Sumber air panas Batukuwung. Dari Jakarta (Jkt) ada 3 alternatif, pertama, Jkt-Serang-Pandeglang-Labuan-Carita (160km). Kedua, Jkt-Serang-Cilegon-Anyer-Carita (170km), ketiga, Jkt-Serang-Palima Batukuwung-Carita (160km).
Pantai Anyer sudah dikenal sebagai tempat wisata yang menarik sejak tahun 1980-an. Pantai Anyer termasuk dalam salah satu dari Seven Wonders of Banten (Tujuh Keajaiban Banten). Keindahan Pantai Anyer ini sudah dikenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun non domestik. Pantai Anyer berada dalam wilayah administratif Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

1.1.1.3.         PANTAI CARITA

Pantai Carita adalah  obyek wisata favorit warga Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Karakter khas pantai ini adalah pasir putih kecoklatan yang membentang sepanjang 3 kilometer. Menghadap langsung ke selat sunda, kamu bisa melihat sunset pada sore hari di sini. Selain itu, gunung anak Krakatau juga terlihat jelas dari sini. Akses ke pantai carita sendiri tidak sulit. Jalan ke sana sudah sangat bagus. Jalan raya Anyer Carita terhubung langsung dengan tol Jakarta Merak. Walaupun secara administrasi, pantai carita tidak masuk kecamatan Anyer, namun orang terlanjur menyebutnya anyer carita. Sehingga pantai ini juga dikenal dengan wisata pantai anyer carita.

Gambar 17. Pantai Carita, Kec. Anyer, Kab. Serang


1.1.1.4.         PANTAI SAMBOLO

Pantai Sambolo merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang cantik. Memiliki pemandangan alam yang menarik. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Sambolo Anyer seperti Berenang, piknik di daratan, dan lain sebagainya. Fasilitas publik yang disediakan oleh Pantai Sambolo juga sudah lengkap.

 
Gambar 18. Pantai Sambolo, Kec. Anyer, Kab. Serang

1.1.1.5.         PANTAI CIBEUREUM

Pantai ini cukup khas. Berbeda dengan sebagian besar pantai di kawasan wisata pantai Anyer. Pantai cibeureum ini banyak terdapat pohon kelapa dan banyak batu-batu di tepi pantai. Sangat cocok untuk berfoto-foto. Selain itu kamu juga bisa menyantap hidangan seafood yang dijual oleh penduduk sekitar pantai dengan harga yang murah.

Gambar 19. Pantai Cibeureum, Kec. Anyer, Kab. Serang

1.1.1.6.         PANTAI MARINA

Di sini bisa main air sepuasnya. Fasilitas di pantai Marina cukup lengkap. Pengelola menyediakan beberapa arena permainan air seperti banana boat, dll. Selain itu, untuk yang ingin bermalam di kawasan pantai ini, ada banyak villa dan resort yang dapat disewa, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Gambar 20. Pantai Marina, Kec. Anyer, Kab. Serang

1.1.1.7.         PANTAI MARBELLA

Letaknya persis di sebelah pantai Sambolo. Dinamakan pantai Marbella karena pantai ini karena letaknya tepat di depan Hotel Marbella. Landscape pantainya mirip dengan pantai sembolo yaitu berupa hamparan pasir putih dengan air laut yang biru. Dibanding pantai lain di kawasan anyer, pantai ini terbilang masih bersih.

Gambar 21. Pantai Marbella, Kec. Anyer, Kab. Serang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar